Jumat, 01 Februari 2008

Batu Bata Cikarang

Anda sudah tau Batu Bata Asli Cikarang ?
Jika Bapak/Ibu Perhatikan dijalan bebas hambatan Jakarta-Cikampek, coba tengok kekiri atau kekanan kemudian perhatikan ada beberapa model rumah tapi tidak ada pagar atau pintu dan hanya yang terlihat genteng nya saja (Orang lebih mengenalnya sebagai Lio yang berarti pembakar batu-bata).
Penduduk setempat tak ingat lagi kapan usaha Lio ini mulai tumbuh. Tapi, usaha pembuatan batu-bata ini, bagi warga setempat merupakan usaha utama. Hampir 80 persen dari penduduk asli Bekasi yang mendiami Kecamatan Cikarang Pusat, secara turun temurun berkecimpung dengan usaha yang berbahan dasar tanah liat itu. Karena itulah, warga luar daerah menamakannya "daerah dollar" atau "daerah Lio.
" Tapi sekarang sudah mulai punah dan bergeser kepedalamannya yaitu deket Kabupaten Bekasi bertempat di Daerah Cilangkara, di situ para pengrajin Batu-bata membuat dengan tangan trampilnya serta dibantu alat/mesin pencetaknya.kami butuh pencerahan untuk melestarikan usah kecil ini atau di singkat UKM, yang mana usaha ini perlu dibuatkan wadah atau organisasi sehingga menjadikan usaha ini menjadi yang lebih baik lagi, dengan mengkedepankan mutu, kwalitas, kwantitas serta kesetaraan harga.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat kami mengajak bagi pengusaha kecil/menengah mari bersama-sama untuk mencari solusi terutama pengusaha Batu Bata agar menjadikan yang lebih baik lagi. (Insya Allah kami akan buat Web dan milling List).

Sebagai penutup, kami mohon maaf apa bila ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan ini.

Terima Kasih.


2 komentar:

  1. wah,, saya suka artikel nya,, kenapa? karena sya tinggal didaerah yang kebetulan "lio" adalah merupakan sumber penghasilan disini. Jika anda sempat melewati tol balaraja merak (tepatnya di KM 44) coba anda tengok kekanan atau kekiri, disana terdapat banyak Lio, tapi itu dulu. sekarang lio sudah semakin berkurang, karena beberapa faktor diantaranya banyak warga yang "hijrah" ke "negri" orang untuk mendapatkan "sesuap nasi"... sebenarnya, lio bisa dikembangkan menjadi usaha yg menjamin, kenapa saya bisa bilang begitu ? tetangga bahkan sodara sya sendiri bergelut dibidang ini, katanya hasilnya lumayan jika ditekuni.

    BalasHapus
  2. aa.....
    ifan mnta konsepnya lagi...
    file mentahannya aja....

    BalasHapus

Silahkan beri komentar ?