Minggu, 01 Mei 2011

Batu Bata

               
           Batu Bata adalah bahan untuk membangun rumah atau gedung, terbuat dari Tanah liat yang prosesnya tergantung dari daerah yang membuatnya, contohnya kami yang berada di daerah Cikarang, itu membuatnya mulai dari Tanah Liat yang di campur dengan gambah/dedek kasar (bekas kupasan padi), lalu dipacul-pacul/diaduk sampai kondisi tercampur dan halus, setelah itu baru mulai proses pencetakan dengan mesin press. Memang untuk pekerja/operatornya sampai proses pencetakan membutuhkan orang minimal 5, tergantung kapasitas produksi yang dibutuhkan, kebetulan kalau di tempat saya dengan pekerja 5 orang, mendapatkan kapasitas produksi 15000 s/d 20000 bata.
             Alhamdulillah, dari hasil batu bata Babeh bisa mensekolahkan Anak-anaknya termasuk saya ke jenjang akademik/universitas, walaupun babeh pengusaha kecil, tapi bagi beliau, anak sangat diperlukan sekali terutama untuk kebutuhan sekolahnya.
           
tapi takdir sudah merubah keadaan, Babeh sudah meninggal sekitar tahun 2007, tapi kami sebagai anak selalu inget kata-kata beliau bahwa hidup harus  balance/seimbang antara dunia dan akhirat, harus bekerja keras dan tidak usah gengsi, pekerjaan apa yang kita lakukan intinya yang penting baik dan halal. bersambung.....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar ?