Selasa, 26 April 2011

4 Situs Penyedia Layanan DNS Hosting Gratis

Post Pic

 
DNS adalah bagian yang sangat vital dari infrastruktur jaringan atau service di Internet. Jika Anda sudah mengelola domain Anda di dns server sendiri, pastikan Anda memiliki backup/slave dns server diluar network Anda, untuk memastikan service dns tidak terganggu ketika jaringan internet Anda sedang bermasalah.

Kita akan mengeksplorasi 4 situs penyedia layanan dns hosting gratis, yang bisa digunakan sebagai backup/slave dns server. Tapi walaupun layanan ini disediakan secara cuma-cuma, kualitas layanan yang diberikan sangat baik dan reliable. Bahkan jika Anda belum memiliki dns server sendiri, Anda bisa menghosting dan mengelola domain Anda di situs-situs tersebut.

EditDNS.net

EditDNS.net menyediakan layanan berbasiskan web untuk mengelola domain, baik itu untuk server utama (master atau primary) atau untuk server backup (slave). Untuk layanan berbasiskan web, Anda bisa membuat/mengubah record A, CNAME, MX, NS, TXT, PTR, dan AAAA.
Yang menarik dari situs ini, Anda bisa memilih lokasi server yang mau digunakan (di US atau EU). Batasan untuk layanan gratis dari situs ini dibatasi hanya untuk 20 domain saja.

EveryDNS.net

Sama seperti EditDNS.net, EveryDNS.net juga menyediakan layanan berbasikan web untuk mengelola domain. Disini Anda bisa menambah/mengubah record A, CNAME, NS, MX atau AAAA. Yang menarik dari situs ini, mereka menyediakan layanan AXFR (zone transfer dari satu dns server ke dns server lainnya), secara cuma-cuma.
Soal reliabilitas, Anda bisa memilih NS1.everydns.net (lokasi di San Jose), NS2.everydns.net (di Washington DC), NS3.everydns.net (di Tokyo, Jepang), atau NS4.everydns.net (di London).
everydns
Batasan untuk pengguna gratis, pada prinsipnya tidak Ada. Anda bebas menambahkan sebanyak mungkin domain yang mau Anda hosting disana, tapi si penyedia layanan meminta untuk pengguna yang berniat menghosting lebih dari 20 domain agar ikut berkontribusi ke penyedia layanan (memberikan donasi).

FreeDNS.affraid.org

Situs ini sebetulnya lebih dikenal sebagai penyedia layanan dynamic dns hosting. Tapi kali ini kita tidak sedang membahas fasilitas dynamic dns. Situs ini menyediakan layanan hosting dns baik untuk master maupun slave.
Setiap account yang terdaftar disini tidak dibatasi jumlah domain yang mau dihosting, tapi untuk setiap domain dibatasi hanya boleh menambahkan 20 subdomain.

ZoneEdit.com

Dari 4 situs penyedia layanan hosting dns yang dibahas sekarang, mungkin situs ini adalah yang paling pelit dalam memberikan layanan gratisnya. ZoneEdit hanya menyediakan hosting gratis untuk 5 domain pertama yang Anda daftarkan, lebih dari itu Anda akan dikenakan biaya hosting.
Tidak banyak yang bisa saya eksplorasi dari situs ini, tapi tentang reliabilitas, ZoneEdit memiliki network yang tersebar di US atau di EU.

Referensi : http://ngadimin.com/  oleh Cecep Mahbub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar ?