Kamis, 21 April 2011

SEKOLAH DI CIKARANG

Kondisi saat ini Proses belajar sangat rentan sekali terhadap lingkungan, serta maraknya Media Informasi dan Komunikasi, sehingga tanpa berfikir panjang Murid hanya ikut-ikutan trend yang mereka suka tanpa tau dampak negative dan positifnya. Alhasil banyak dari mereka terganggu proses belajarnya.
Sekolah-sekolah berusaha untuk mencari guru yang Profesional dalam bidang yang mereka ajarkan, akan tetapi itu tidak cukup menjamin. Ada beberapa Faktur yang harus di perhatikan agar Murid/Siswa dapat belajar dengan Baik.
1.     Dukungan Orang Tua.
Dukungan Orang Tua sangat penting agar anak dapat belajar yaitu :

-      Dengan memperhatikan Kondisi Anak, mulai dari berangkat Sekolah, dan dari pulang Sekolah, salah satu jenis perhatiannya contoh : “Kamu belajar di sekolah ada kesulitan tidak”, ya.. minimal memperhatikan belajarnya, dan ketika anak merasa kesulitan, mungkin orang tua bisa bantu untuk menjelaskannya.
2.     Guru
Guru adalah orang tua nomor 2 (dua) dari orang tua kandung, maksudnya ketika di sekolah orang tua sudah menyerahkan sepenuhnya aktifitas di sekolah. Di situ Guru benar-benar mengetahui apa yang diinginkan Siswa/Murid. Dan dapat memahami apa yang harus dikerjaan guru agar siswa tersebut mampu untuk belajar lebih baik lagi. Namun itu semua sekali lagi harus dibantu dari orang tua juga, karena ada beberapa wali murid beranggapan kok anak saya belajar di sekolah tersebut tidak pintar-pintar, itu image yang salah. Oleh karena itu guru hanya memberikan pelajaran dan motivasi saja supaya murid dapat memahami apa yang sudah ia pelajari di sekolah.
3.     Agama.
Agama adalah bekal, yang mengajarkan kita agar berakhlak baik, kita beruntung sejak lahir sudah diajarkan Agama sampai sekarang sudah Dewasa.  Ini adalah tantangan kita agar mampu untuk berbuat baik dalam segala bidang. Oleh karena itu, agama adalah factor kunci kita untuk lebih mengenal kembali apa arti kehidupan. Insya Allah kalau kita selalu mengikuti atauran agama yang kita anut, Mudah-mudahan  menjadikan kita selamat Dunia dan akhirat.Amiin
4.     Siswa/Murid itu Sendiri
Kadang-kadang orang tua sudah berusaha untuk memperhatikan anaknya untuk dapat/bisa belajar,  sehingga menjadikan anaknya menjadi orang pintar. Tapi apa dikata orang tua sudah ada perhatian, kemudian sekolah pun yang paling bagus disegala bidang, tapi tetap aja anaknya tidak bisa/tidak pintar. Kenapa ?……Nah disini persoalannya, tanpa inisiatif dari siswa tersebut maka ini pun menjadi kendala, oleh karena itu Siswa/siswi itu sendiri harus berperan aktif juga, sehingga semuanya balance/seimbang.
5.   Lingkungan
Lingkungan adalah factor terakhir menjadikan Siswa/siswa gampang terpengaruh, apalagi kondisi saat ini banyak sekali media-media komunikasi dan informasi meraja lela, sehingga SDM-nya tidak siap dan terpengaruh. Memang orang tua kondisi saat ini merasa sedih banyaknya media membuat anaknya terlena dengan tipu daya glamor, dan menjadikan orang tua harus mengikuti permintaan anaknya tanpa memikirkan kondisi orang tua saat ini. Oleh karena itu tolong untuk siswa-siswi agar cari tempat/lingkungan yang mempengaruhi kalian agar di sharing/filter sehingga kalian semua tidak terpengaruh oleh keadaan.
Dari urain diatas kami dari penulis hanya berharap terutama untuk Murid-murid atau Siswa-siswa, tolong jaga sikap, agama, tingkah laku, dan budaya. sekarang kalian sedang dijajah oleh budaya, tingkah laku secara menyeluruh dengan media informasi dan komunikasi, kalau kalian tidak bisa memilah dan memilih kalian akan terjerumus kejurang yang paling dalam. Oleh sebab itu berusahalah agar memberi perlawanan, supaya  menang,  dan bangsa kita yaitu bangsa Indonesia menjadi lebih baik lagi. Amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar ?